Sunday, November 11, 2012

Renungan Hari Pahlawan

Sepuluh November 1945 di Indonesia dijadikan sebagai hari Pahlawan,itu adalah penghargaan dari pemerintah kepada para pejuang yang saat itu berusaha mengusir  para penjajah tentara NICA yang membonceng tentara kolonial Belanda yang sempat mangkir ke Australia karena tahun 1942 kalah oleh tentara Jepang. Dengan mengorbankan segala kemampuan yang ada, bangsa kita khususnya yang ada di Ambarawa Surabaya Jawa Timur  (Arek arek Suroboyo) dibawah komando Bung Tomo dari  Aktivis Pemuda Ansor,mereka rela mengorbankan jiwa raga untuk mempertahanhan hak kemerdekaannya.
Gelar Pahlawan adalah sanjungan yang sangat berharga dalam kehidupan ,sehingga banyak orang yang ingin mendapat gelar tersebut,orang bersusah payah memerjuangkan untuk mendapat gelar ,ini rupanya ingin dipublikasikan bahwa si X telah berjasa.,dan eperti wajib bergelar Pahlawan,walaupun secara  bahasa apakah benar pantas mendapat pahala si X tersebut.
Pahlawan adalah kata sifat dari akibat yaitu sifat atau tabiat seseorang dari akibat suatu pekerjaan yang sepantanya mendapat balasanmyang dalam hal ini perbuatan baik yang hak dan pantas mendapat pahala.
Pahala sebenarnya hak mutlak dari Tuhan (Allah SWT).Sedangkan yang bisa diberikan oleh manusia hanyalah berupa Piagam,Medali,Upah,Hadiah,Pujian/Sanjungan semata,karena pahala konotasinya dengan balasan kebaikan dihadapan Allah.
Dalam Islam orang yang telah berbuat kebajikan yang disertai ketulusan dari dasar keyakinan maka akan mendapat Ujrah/Balasan/Pahala  yang Abadi
ž 
الاالذ ين امنوا وعملواالصلحت فلهم اجر غير ممنون 

Kalimah "Ajrun Gairu mamnuun"daat diartikan "Pahala yang tidak terputus" artinya orang yang akan mendapat balaan kebaikan kekal abadi,
Jadi kesimpulannya: Pahlawan itu adalah orang yang telah berbuat amal kebajikan dengan dasar keimanan tidak untuk mendapat pujian dan jaminan dari sesama manusia,tai ikhlas untuk mendapat anugerah dan keridlaan dari Allah semata.
Adapun bila mengharap jaminan dan sanjungan dari pemerintah atau manusia belum layak dikatakan atau medaat gelar Pahlawan tetapi lebih tepat deberi gelar inpestor atau pekerja atau buruh. Wallahu'alam.  

No comments:

Post a Comment